Anda belum login :: 23 Jul 2025 22:01 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi dan Strategi Pengembangan SMA Indonesisch Nerderlandsche School (INs) Kayutanam
Oleh:
David
;
Kartowagiran, Badrun
;
PH., Slamet
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 20 no. 1 (Jun. 2016)
,
page 27-44.
Topik:
evaluasi
;
strategi pengembangan
Fulltext:
7518-23913-1-PB.pdf
(342.65KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi SMA INS Kayutanam dan (2) menyusuan strategi pengembangan SMA INS Kayutanam berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas X dan XI, satu kepala sekolah, empat wakil kepala sekolah, 30 guru, dua pembina asrama dan dua orang dari pemerintahan. Hasil penelitian dibagi dalam dua kelompok yaitu hasil evaluasi dan strategi pengembangan. Berdasarkan hasil evaluasi ditemukan bahwa ada beberapa komponen yang perlu perbaikan yaitu kurikulum, kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, fasilitas, peran serta masyarakat, dana dan organisasi. Strategi pengembangan terdiri dari: (1) perumusan kurikulum terintegrasi yang memuat tujuan dan sasaran pendidikan yang diprakarsai oleh Sjafei; (2) perumusan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan yang diprakasai Sjafei; (3) pengelolaan aset produktif dengan pemanfaatan modal sosial; (4) pemanfaatan basis alumni; (5) membangun kerja sama dengan instansi terkait seperti sekolah lain, pemerintah daerah, dan pihak swasta.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)