Anda belum login :: 16 Apr 2025 03:01 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Penggunaan Limbah Tapioka Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa  
Oleh: Iswardhani, Nunik ; Djukri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 1 (Feb. 2015), page 14-159.
Topik: limbah tapioka; sumber belajar; motivasi; prestasi belajar
Fulltext: 4185-10836-1-PB.pdf (2.65MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa setelah menggunakan sumber belajar yang berupa limbah tapioka pada materi Archaebacteria dan Eubacteria; dan (2) pengaruh sumber belajar yang berupa limbah tapioka terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Pati. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group, pretest-post test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MAN 2 Pati kelas X, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan nontes. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t test nilai sig.(2-tailed)>a. Tidak ada perbedaan hasil belajar ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t-test nilai sig.(2-tailed)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)