Anda belum login :: 16 Apr 2025 03:00 WIB
Detail
ArtikelStrategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar  
Oleh: Werdiningsih, Dyah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 1 (Feb. 2015), page 107-117.
Topik: strategi metakognitif; intensitas; interkorelasi; efek jenjang pendidikan
Fulltext: 4181-10832-1-PB.pdf (80.45KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (PBI) siswa SD yang meliputi (1) intensitas penggunaan strategi metakognitif pembelajar anak; (2) interkorelasi antara strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia; dan (3) pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif dalam belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, korelasional, dan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa SD di Kota dan Kabupaten Malang dengan teknik penyampelan cluster sampling yang berjenjang. Data dikumpulan lewat teknik keusioner dan hasilnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasional, dan oneway anova. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) siswa SD menggunakan strategi metakognitif dengan intensitas rendah dengan rata-rata penggunaan di bawah skala 2,45; (2) penggunaan strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia saling berinterkorelasi satu dengan lain (r= 0,980, p<0,01); dan (3) terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif (sig=0.00,
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)