Anda belum login :: 16 Apr 2025 03:01 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Penerapan Program Perkuliahan Biologi Konservasi Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Biodiversitas Mahasiswa Calon Guru Biologi  
Oleh: Leksono, Suroso Mukti ; Rustaman, Nuryani ; Redjeki, Sri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 1 (Feb. 2015), page 89-96.
Topik: literasi biodiversitas; kearifan lokal; biologi konservasi
Fulltext: 4179-10830-1-PB.pdf (200.82KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa menguasai dan mengaplikasikan konsep konservasi literasi biodiversitas, yaitu dengan penerapan program perkuliahan Biologi Konservasi Berbasis Kearifan Lokal (BKBKL) yang memadukan pembelajaran aktif di kelas dengan pembelajaran di lapangan. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada semester Ganjil 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, sedang analisis data dengan uji beda rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan literasi biodiversitas mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan bahwa perkuliahan BKBKL yang dikembangkan mempengaruhi peningkatan literasi biodiversitas mahasiswa. Hal ini disebabkan perkuliahan BKBKL melibatkan kemampuan mahasiswa menginvestigasi, mengembangkan keterampilan proses biodiversitas dan kemampuan penguasaan konsep sehingga mereka mampu bertindak untuk menghargai biodiversitas. Akumulasi tindakan yang dilakukan oleh peserta didik akan membentuk karakter konservasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)