Anda belum login :: 16 Apr 2025 03:01 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model “LIS-5C” pada Pendidikan Teknologi dan Kejuruan  
Oleh: Sudira, Putu
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 1 (Feb. 2015), page 1-11.
Topik: learning-innovation skills (LIS); creativity; critical thinking; communication; collaboration; celebration; pemecahan masalah
Fulltext: 4145-10773-1-PB.pdf (289.03KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konsepsional dan model hipotetik LIS-5C dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap studi literatur, perumusan model konsepsional, dan perumusan model hipotetik LIS-5C. Model konsepsioanal LIS-5C mencakup: (1) komponen filosofis: esensialisme dan pragmatisme; (2) komponen teoretis: teori belajar kognitivisme dan konstruktivisme, teori pendidikan kejuruan untuk pembangunan berkelanjutan; (3) komponen metodologis critical thinking and problem solving; communication, collaboration, and cellebration; creativity and innovation; dan (4) komponen teknis berpikir secara kreatif, bekerja secara kreatif dengan orang lain, menerapkan inovasi; memecahkan masalah, berkomunikasi secara efektif, bekerjasama dengan orang lain. Model hipotetik LIS-5C bermuara kepada skill belajar memecahkan masalah secara kreatif berdasarkan skill belajar berpikir kreatif, bekerja kreatif dengan orang lain, dan mengimplementasikan hasil inovasi dalam pemecahan masalah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)