Anda belum login :: 07 Jun 2025 13:30 WIB
Detail
ArtikelWajah Indo dalam Iklan Tahun 1950an  
Oleh: Suwardikun, Didit Widiatmoko
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Panggung vol. 26 no. 2 (Jun. 2016), page 128-138.
Topik: wajah indo; persuasi visual; iklan koran.
Fulltext: 171-332-her-SM.pdf (1.54MB)
Isi artikelDekade 1950an tatanan masyarakat di Indonesia ditandai dengan berubahnya kelas sosial, pada zaman Hindia Belanda, kelompok pribumi atau “inlander ” sebagai kelas yang paling rendah, setelah perang kemerdekaan sejumlah besar orang pribumi bergeser menjadi kelas paling atas. Perubahan itu dimanfaatkan produsen untuk mengiklankan barang­barang konsumen produksi perusahaan internasional. Bagaimana figur ideal model iklan pada jaman itu? Melalui analisis visual pada iklan barang­barang konsumen di koran dan majalah yang diterbitkan pada tahun 1950an serta wawancara kepada narasumber, ditemukan bahwa visualisasi perempuan sebagai model iklan dengan cara berpakaian Indonesia, tapi struktur wajah dan proporsi tubuh bertipe Barat. Kekaguman terhadap nilai­nilai keindahan Barat digunakan sebagai alat untuk membujuk audiens target iklan, kelas sosial atas yang baru, para wanita Indonesia, khususnya di Jawa Barat yang terkenal dengan para gadis yang berkulit terang dan berwajah cantik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)