PT. Candi Mekar merupakan perusahaan tekstil yang menghasilkan kain mori. Kain mori yang dihasilkan oleh PT. Candi Mekar dibedakan dalam tiga jenis yaitu kain prima, kain biru, dan kain rayon. Bagi PT. Candi Mekar, keputusan mengenai kebijakan harga jual suatu produk sangatlah penting, karena harga jual suatu produk akan mempengaruhi volume penjualan produk tersebut. Dalam menetapkan harga jual produknya, PT. Candi Mekar selalu mempertimbangkan faktor-faktor internal perusahaan dan faktor-faktor lingkungan eksternal PT. Candi Mekar mengkombinasikan mark-up pricing method dan going rate pricing method, agar dapat memberikan harga jual kompetitif dan juga mendapatkan laba sesuai yang dikehendaki menetapkan harga jual yang sama kepada seluruh pembeli, dengan memberikan cash discount kepada pelanggan tetap yang selalu membeli produk dalam jumlah besar. Pengaruh kebijakan harga jual terhadap volume penjualan pada PT. Candi Mekar dapat diketahui dari analisa Price Elasticity of Demand, hasil Price Elasticity of Demand menunjukkan bahwa hubungan antara harga jual dengan volume penjualan bersifat elastis. Setiap kenaikan atau penurunan harga jual akan mengakibatkan penurunan atau kenaikan volume penjualan, dengan persentase perubahan volume penjualan lebih besar dari persentase perubahan harga jual. |