Anda belum login :: 24 Jul 2025 01:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Penghargaan Diri dan Motif Berprestasi Siswa Kelas VIII dan IX SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang
Oleh:
FABIANUS, SAMUEL
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 13 no. 1 (May 2015)
,
page 37-47.
Topik:
motif berprestasi dan penghargaan diri
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Motif berprestasi adalah motif yang mengarahkan dan mendorong individu untuk dapat mencapai suatu prestasi yang dijadikan sasaran oleh individu itu sendiri. Motif berprestasi ditandai oleh ciri-ciri, yaitu menyukai tugas dengan tingkat kesulitan mudah atau menengah, suka menerima umpan balik, tekun dalam mengerjakan tugas, berorientasi ke depan dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. Penghargaan diri adalah penilaian individu terhadap diri sendiri, baik yang dilakukan oleh individu itu sendiri kepada dirinya maupun dari lingkungan terhadap diri individu. Penghargaan diri ini terdiri dari dua aspek yaitu self efficacy (keyakinan terhadap diri) dan self respect (penghormatan diri). Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan skala penilaian. Reliabilitas instrumen skala penilaian motif berprestasi sebesar 0.92 dan instrumen penilaian penghargaan diri sebesar 0.90. jumlah sampel sebanyak 80 siswa SMP Strada Slamet Riyadi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel penghargaan diri dan motif berprestasi siswa kelas VIII dan IX SMP Strada Slamet Riyadi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)