Dalam pemasaran, supaya perusahaan PD. Sari Sedap Indonesia dapat berhasil mencapai target penjualan dan mengatasi pesaingnya maka perlu dipilih strategi distribusi yang tepat. Jenis distribusi yang digunakan perusahaan PD. Sari Sedap Indonesia, Bekasi adalah distribusi tingkat 0 untuk daerah sekitar Jabotabek, dan distribusi tingkat 2 untuk daerah luar pulau Jawa. Untuk mengetahui hubungan antara biaya distribusi dengan peningkatan penjualan digunakan analisa koefisien korelasi (r) untuk mengukur hubungan antara keduanya, sedangkan koefisien determinasi (Kp) digunakan untuk mengukur kontribusi biaya distribusi dalam peningkatan penjualan. Hasil r untuk distribusi tingkat 0 = 0,6824, menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan positif antara penjualan dan biaya distribusi. Sedangkan untuk distribusi tingkat 2 r=0,5866, yang menunjukkan bahwa adanya hubungan yang juga positif dan kuat, tetapi lebih rendah dibandingkan dengan distribusi tingkat 0. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan saluran distribusi tingkat 0 untuk perusahaan PD. Sari Sedap Indonesia lebih baik karena lebih dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan. |