Distribusi merupakan salah salu bauran pemasaran ( marketing mix ), distribusi memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran dan menentukan keberhasilan perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualannya. Distribusi dapat dibedakan menjadi Saluran Distribusi (Distribution Channel), Daya liput (Coverage), Lokasi ( Location ), Persediaan (Inventory ), dan Pengangkutan (Transportation). Dalam skripsi ini penulis memfokuskan pada satu bauran distribusi saja yaitu Saluran Distribusi (Distribution Channel). Agar kegiatan distribusi dapat berjalan dengan baik, maka disusun suatu strategi saluran distribusi yang meliputi tujuan dan manfaat dari penggunaan saluran distribusi, faktor-faktor yang mempengaruhi strategi saluran distribusi, bentuk-bentuk strategi saluran distribusi, serta Biaya Distribusi. Melihat pentingnya Strategi Saluran Distribusi ini di dalam memasarkan atau menyalurkan suatu produk perusahaan, maka penulis mencoba untuk meneliti mengenai hal tersebut di atas pada suatu perusahaan kaca (glass) yaitu PT MULIAGLASS Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah : 1. Riset Lapangan, melalui kunjungan ke lokasi pabrik untuk divisi kaca lembaran dan botol kemasan di kawasan Cikarang, Jawa Barat serta melakukan wawancara langsung berdasarkan daftar pertanyaan yang telah penulis persiapkan untuk mengumpulkan data selengkap-lengkapnya. 2. Riset Kepustakaan, untuk mendapatkan landasan teoritis mengenai masalah yang sedang diteliti. PT MULIAGLASS Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam industri glass. Untuk meningkatkan jumlah penjualan produk-produk glass, perseroan terus meningkatkan kualitas / mutu produk juga mengadakan strategi distribusi dengan memasarkan barang tidak hanya pada pasar domestik tetapi juga pada pasar internasional. Perseroan juga memberikan kemudahan dalam pembayaran produk yang dilakukan secara kredit. Hal ini dilakukan untuk menarik minat pelanggan pesaing dan mempertahankan loyalitas dari para pelanggan perseroan. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan bentuk kegiatan Distribusi serta Anggaran yang telah dikeluarkan. Pada akhirnya perseroan juga perlu mengetahui tentang pengaruh kegiatan Distribusi baik secara kuantitatif maupun kualitatif terhadap tujuan perseroan dalam meningkatkan jumlah penjualan produk glass. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya keterkaitan yang erat (baik secara elastis maupun inelastis) pada tahun 1997 sampai dengan tahun 1999 antara Strategi Distribusi dengan tingkat kenaikan jumlah Penjualan produk glass dan diperoleh kesimpulan bahwa Biaya Distribusi sangat mempengaruhi jumlah penjualan produk glass. Karena itu perseroan senantiasa memperhatikan mutu produk, harga, dan menyusun strategi Distribusi yang tepat sehingga mencerminkan pengaruh yang positif terhadap keberhasilan kegiatan pemasaran perusahaan, khususnya dalam merealisasi tujuan perusahaan untuk meningkatkan jumlah penjualan glass. |