Promosi merupakan element keempat dari Bauran Pemasaran yang mempunyai peranan penting untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan volume penjualan. Di dalam promosi, terdapat 4 sarana promosi yaitu advertising, personal selling, sales promotion dan publicity. Keempat sarana tersebut mempunyai tingkat efektifitas dan efisiensi yang berbeda. Untuk mengetahui efektifitas kegiatan promosi yang dilakukan PT Menara Autorindo Nusantara dalam upaya peningkatan hasil penjualan, penulis menggunakan analisa koefisen korelasi. Analisa ini menyatakan hubungan linear antara 2 (dua) variabel, yaitu biaya promosi (x) dan hasil penjualan (y). Dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebesar 86,24% dan melalui pengujian koefisien determinasi diketahui hasilnya sebesar 74,37% sedangkan sisanya 25,63% dipengaruhi oleh faktor lain, Dari hasil perhitungan yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Menara Autorindo Nusantara memberikan pengaruh yang positif yaitu dengan meningkatnya hasil penjualan perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan adalah cukup efektif dalam mencapai sasaran. |