Anda belum login :: 26 Jul 2025 23:27 WIB
Detail
ArtikelPengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan turis dan niat perilaku di masa depan studi kasus pada obyek wisata candi prambanan  
Oleh: Maretasari, Lusitania ; Astuti, Budi
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional and Call For Paper Fakultas Ekonomi : Peluang Indonesia dalam Persaingan Ekonomi Kreatif Global 11-13 Mei 2015 di Universitas Kristen Maranatha dan Hotel Grand Aquila Bandung, page 1-16.
Topik: Kualitas Layanan (Reliability; Assurance; Tangible; Empathy; dan Responsiveness); Kepuasan Pelanggan; Niat Perilaku Masa Depan
Fulltext: Budi Astuti & Lusitania.pdf (286.78KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas layanan (reliability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness) berpengaruh terhadap kepuasan turis dan niat perilaku masa depan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 385 turis lokal yang diperoleh melalui metode convinience sampling yang dijumpai di obyek wisata Candi Prambanan. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan: dimensi kualitas layanan (reliability, assurance, tangible, empathy, dan responsiveness) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan turis dan niat perilaku masa depan. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan turis adalah dimensi tangible. Selain itu terdapat pengaruh signifikan variabel kepuasan terhadap niat perilaku masa depan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dimensi Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness memiliki kriteria penilaian sangat baik dalam mempengaruhi kepuasan turis dan niat perilaku masa depan. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada manajemen Candi Prambanan agar mengelola fasilitas umum dengan baik dan meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal sesuai dengan harapan pengunjung.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)