Anda belum login :: 23 Jul 2025 16:54 WIB
Detail
ArtikelMetode Biblioterapi dan Diskusi Dilema Moral untuk Pengembangan Karakter Tanggungjawab  
Oleh: Prihartanti, Nanik
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 41 no. 1 (Jun. 2014), page 47 – 59.
Topik: biblioterapi; dilema moral; karakter; tanggung jawab; bibliotherapy; character; moral dilemma; responsibility
Fulltext: 6957-12202-1-PB_Ros.pdf (575.83KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode biblioterapi dan metode diskusi dilema moral dalam meningkatkan karakter tanggung jawab. Subjek dalam penelitian terdiri dari 65 mahasiswa “AN” yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok eksperimen biblioterapi, kelompok eksperimen diskusi dilema moral, dan kelompok kontrol non perlakuan. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen nonequivalent pre test-post test control group design. Data pada penelitian diperoleh melalui skala karakter tanggung jawab. Data hasil penelitian dinalisis dengan menggunakan program SPSS.19. Hasil analisis faktor terhadap skala karakter tanggungjawab menunjukkan bahwa skala karakter tanggungjawab memiliki lima faktor yaitu; kehati-hatian, orientasi pada tugas, keunggulan, kegigihan dan komitmen. Berdasarkan uji hipotesis melalui teknik one way anava, diperoleh hasil bahwa metode biblioterapi dan metode diskusi dilema moral berpengaruh terhadap peningkatan karakter tanggung jawab pada mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)