Anda belum login :: 08 Jun 2025 10:29 WIB
Detail
ArtikelKeterkaitan Antara Moral Knowing, Moral Feeling, dan Moral Behavior Pada Empat Kompetensi Dasar Guru  
Oleh: FRANCISCA, LEONIE ; Ajisuksmo, Clara R.P.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 2 (Nov. 2015), page 211-221.
Topik: kompetensi guru; pendidikan karakter; lembaga pendidikan nonformal
Fulltext: 7500-19197_her.pdf (432.55KB)
Isi artikelPenelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru (moral knowing), keinginan guru (moral feeling) untuk melakukan, dan perilaku guru (moral behavior) pada kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional dalam pendidikan karakter; serta keterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, panduan observasi, dan focus group discussion. Hasil data kuantitatif menunjukkan sekitar 66,67% guru berada pada taraf cukup memadai di keempat kompetensi dasar guru terkait komponen pembentukan karakter. Data kualitatif menunjukkan bahwa pada proses pendidikan karakter, kompetensi dasar guru tidak selalu berdasarkan ketiga komponen pembentukan karakter tersebut. Akibatnya, guru-guru menjadi kurang tepat saat mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)