Anda belum login :: 18 Jul 2025 16:32 WIB
Detail
ArtikelPerbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning  
Oleh: Retnawati, Heri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 2 (Nov. 2015), page 156-167.
Topik: pilihan ganda; self-regulated learning (SRL); skala Likert
Fulltext: 7493-19173_her.pdf (493.26KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan akurasi penggunaan skala Likert dan bentuk pilihan ganda untuk mengukur self-regulated learning (SRL). Instrumen pengukur SRL dengan format Likert dan pilihan ganda yang diskor berjenjang dikembangkan dengan kisi-kisi yang sama. Responden penelitian yaitu 125 mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Yogyakarta. Karakteristik butir instrumen dianalisis dengan graded response model menggunakan TESTFACT. Dengan menggunakan karakteristik butir-butir penyusun skala, nilai fungsi informasi perangkat dan kesalahan pengukuran standar diestimasi. Semakin tinggi nilai fungsi informasi perangkat, semakin tinggi akurasinya untuk mengukur SRL. Semakin kecil kesalahan pengukuran standar, semakin tinggi akurasinya untuk mengukur SRL. Hasil analisis dengan menggunakan nilai fungsi informasi dan kesalahan pengukuran standar menunjukkan bahwa perangkat menggunakan skala Likert lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan pilihan ganda.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)