Anda belum login :: 04 Jun 2025 22:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Butir dan Identifikasi Ketidakwajaran Skor Ujian Akhir Sekolah Untuk Standarisasi Penilaian
Oleh:
Rosana, Dadan
;
Sukardiyono
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 2 (Nov. 2015)
,
page 130-141.
Topik:
analisis butir
;
identi? kasi ketidakwajaran
;
kualitas butir tes
Fulltext:
7490-19163_her.pdf
(496.02KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kajian empirik tentang kualitas butir soal pada UAS Mata Pelajaran Fisika di Kabupaten Lombok Timur tahun 2015 dengan menggunakan teori respon butir dan sekaligus untuk mengidenti? kasi ketidakwajaran (inappropriateness) skor tes tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriftif kuantitatif, ketidakwajaran skor dideteksi dengan korelasi person biserial (person-? t statistic) dan indeks kehati-hatian (caution index) dari Sato. Paket program yang digunakan untuk melakukan analisis butir adalah Quest, dengan elemen sentral Rasch Model (RM). Subjek penelitian adalah 15 sekolah menengah atas sampel dari populasi 137 sekolah di Kabupaten Lombok Timur, yang diambil secara purposive sampling. Soal UAS digunakan bersama oleh 15 sekolah pada tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir baik karena memiliki tingkat kecocokan dengan model Rasch dengan nilai in? t meansquare-nya 0,77 -1,30. Caution index dari Sato terdeteksi 3,01 persen sampel mempunyai ketidakwajaran, dan 9,68 persen sampel yang diambil mempunyai tingkat ketidakwajaran yang tinggi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)