Anda belum login :: 24 Apr 2025 07:39 WIB
Detail
ArtikelDesain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-Laba di SMP  
Oleh: Marion ; Zulkardi ; Somakim
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 1 (May 2015), page 44-61.
Topik: anyaman; model jaring Laba-laba; pola bilangan
Fulltext: 7185-18413_her.pdf (769.99KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu peserta didik memahami Pola Bilangan dengan konteks kerajinan anyaman sekaligus memberi kesempatan siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri menggunakan model pembelajaran Jaring Laba-laba di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Validation Study dengan subyek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 3 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Hasil penelitian diperoleh lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami pola bilangan. Pembelajaran diawali dengan pengenalan anyaman sebagai starting point, secara mandiri dan atau berinteraksi dengan sumber belajar lain seperti buku, teman sebaya, diskusi kelas dan penguatan guru, siswa menemukan pola bilangan dari keteraturan motif anyaman, melanjutkan pola secara teratur, menemukan dan melanjutkan suku berikutnya barisan bilangan, menentukan suku tertentu dan suku ke-n barisan bilangan sederhana serta jumlah sampai pola tertentu. Selain itu siswa juga dapat mendesain motif anyaman terkait pola bilangan yang diketahui.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)