Anda belum login :: 19 Jul 2025 21:34 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Pembelajaran “Cerdas” Berbasis Teori Multiple Intelligences Pada Pembelajaran IPA  
Oleh: Winarti, Atiek ; Yuanita, Leny ; Nur, Muhamad
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 45 no. 1 (May 2015), page 16-28.
Topik: kecerdasan majemuk; model CERDAS; penguasaan konsep
Fulltext: 7183-18405_her.pdf (87.93KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran “CERDAS” berbasis teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Kevalidan model dinilai oleh lima validator, sedangkan keefektifan model dilihat dari perkembangan multiple intelligences dan penguasaan konsep siswa setelah implementasi model CERDAS. Pengembangan model pembelajaran menggunakan disain pengembangan Plomp. Data diambil dengan teknik tes, angket dan observasi. Data validitas model dan perkembangan kecerdasan majemuk (multiple inteligences) siswa dianalisis secara deskriptif, sedangkan data penguasaan konsep tahap II dan tahap III masing-masing dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Model CERDAS valid baik isi maupun konstruk dengan skor 4,04 (skor maksimal 5,0). (2) Model CERDAS efektif digunakan dalam pembelajaran IPA dengan indikator berikut: (i) implementasi model CERDAS mampu meningkatkan empat jenis kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan intrapersonal, interpersonal, kinestetik, dan visual spasial (ii) kelompok uji coba yang menerapkan model CERDAS menunjukkan peningkatan penguasaan konsep dan ketuntasan belajar lebih tinggi daripada kelompok pembanding.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)