Anda belum login :: 11 Jun 2025 03:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Keefektifan Trainer Digital Berbasis Mikrokontroler dengan Model Briefcase dalam Pembelajaran Praktik di SMK
Oleh:
Rochayati, Umi
;
Suprapto
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Kependidikan vol. 44 no. 2 (Nov. 2014)
,
page 127-138.
Topik:
efektivitas
;
trainer digital
;
mikrokontroler
Fulltext:
5223-13313_her.pdf
(1.98MB)
Isi artikel
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kefektifan trainer digital berbasis mikrokontroler sebagai sarana pembelajaran praktik di SMK dan tanggapan dari guru dan siswa pengguna trainer. Objek yang diteliti adalah trainer digital hasil rancangan yang telah tervalidasi. Uji keefektifan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain OneGroup Pretest-Posttest. Responden penelitian terdiri dari 19 siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah I Bantul. Instrumen penelitian terdiri atas angket untuk guru dan siswa, soal prates dan pascates. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji tingkat keefektifan Trainer digunakan uji N-gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, sosialisasi yang dilakukan terhadap guru-guru SMK diperoleh tanggapan 28,6% guru menyatakan bahwa Trainer digital yang telah dikembangkan sangat menarik dan 71,4% guru menyatakan menarik. Kedua, uji kefektifan dengan menggunakan N-gain diperoleh nilai gain sebesar 70,50% dan masuk kategori efektif. Ketiga, motivasi belajar siswa dengan menggunakan trainer 68,42% sangat tinggi dan 31,58% tinggi. Dengan demikian, trainer digital berbasis mikrokontroler efektif digunakan sebagai sarana pembelajaran praktik digital di SMK.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)