Anda belum login :: 21 Apr 2025 21:50 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Penguatan Soft Skills dalam Mewujudkan Calon Guru Kejuruan Profesional Berkarakter  
Oleh: Wagiran ; Munadi, Sudji ; AW, Syukri Fathudin
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Kependidikan vol. 44 no. 1 (May 2014), page 92-102.
Topik: guru kejuruan profesional; soft skills
Fulltext: 2195-6031_her.pdf (420.56KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah menghasilkan model penguatan soft skills dalam mewujudkan calon guru kejuruan profesional berkarakter. Penelitian dirancang dengan menggunakan pendekatan Researchand Development selama dua tahun. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala SMK, guru, mahasiswa, dan ahli pendidikan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi hal-hal berikut ini. Pertama, rumusan model penguatan soft skills calon guru difokuskan kepada dua mata kuliah utama, yakni pengajaran mikro dan PPL dengan model integratif. Kedua, urgensi aspek hard skills dan soft skills berada dalam kategori baik/penting dengan pencapaian rerata di atas rerata kriteria, dan pencapaian skor masing-masing 88,2%, dan 87,11%. Ketiga, kemampuan aspek hard skills dan soft skills berada dalam kategori baik/penting dengan pencapaian rerata atas rerata kriteria,dan pencapaian skor masing-masing 72,81%, dan 74,11% dalam kategori cukup tinggi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)