Anda belum login :: 29 Apr 2025 05:44 WIB
Detail
ArtikelEfektivitas Pembelajaran Kooperatif Stad dalam Meningkatkan Perilaku Keterikatan Siswa SD dalam Pelajaran Matematika  
Oleh: Andaritidya, Amarilys
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Ilmiah Psikologi vol. 7 no. 2 (Dec. 2014), page 33-47.
Topik: Pembelajaran kooperatif; Perilaku keterikatan; Matematika; Siswa sekolah dasar
Fulltext: 1128-2998_her.pdf (427.2KB)
Isi artikelTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan perilaku keterikatan dalam pelajaran matematika pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif STAD, dan perilaku keterikatan dalam pelajaran matematika menjadi variabel terikat. Di dalam penelitian ini, efikasi diri berposisi menjadi ko-variabel. Partisipan dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa sekolah dasar yang dibagi menjadi dua grup, pertama adalah 35 orang siswa SD KG I untuk grup eksperimen yang menerima pembelajaran kooperatif STDAD, dan 25 orang siswa SD KG V yang menjadi grup kontrol yang menerima model pembelajaran konservatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest dan posttest dengan menggunakan Anava. Hasil studi memperlihatkan fakta bahwa pembelajaran kooperatif STAD gagal meningkatkan perilaku keterikatan dalam mata pelajaran matematika pada siswa sekolah dasar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)