Anda belum login :: 04 Jun 2025 18:54 WIB
Detail
ArtikelPelatihan untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Pekerja Sosial Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA)  
Oleh: Handayani, Yuli ; Widyarini, MM. Nilam
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Ilmiah Psikologi vol. 7 no. 2 (Dec. 2014), page 19-24.
Topik: Regulasi emosi; Pekerja sosial; Rumah perlindungan sosial anak
Fulltext: 1126-2994_her.pdf (408.84KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pelatihan regulasi emosi pada pekerja sosial rumah perlindungan sosial anak sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang pekerja sosial. Penelitian ini menggunakan desain pelatihan eksperimen, dengan jenis desain pretest-posttest kelompok tunggal. Desain pretest-posttest kelompok tunggal yaitu desain yang melibatkan satu kelompok yang diberi pretest (O ), diberi treatment (X), dan diberi posttest (O 2 1 ). Keberhasilan pelatihan dilakukan dengan membandingkan nilai pretest (O 1 ) dan posttest (O ). Pengukuran regulasi emosi subjek sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan dengan Skala ERQ (Emotional Regulation Questioner) berdasarkan strategi regulasi emosi dan syarat-syarat regulasi emosi. Berdasarkan analisi data yang dilakukan dengan uji beda sebelum dan sesudah pelatihan, hasilnya menunjukkan bahwa subjek mengalami peningkatan regulasi emosi yang signifikan dalam dua aspek, namun tidak signifikan pada salah satu aspek. Pada aspek regulasi emosi berdasarkan syarat-syarat regulasi emosi terdapat peningkatan signifikan. Pada aspek regulasi emosi berdasarkan strategi reappraisal antecedent-focused tidak ditemukan peningkatan yang signifikan, namun pada aspek regulasi emosi berdasarkan strategi expressive suppression response-focused terdapat peningkatan nilai yang signifikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)