Anda belum login :: 16 Apr 2025 13:41 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen dan Sikap Siswa SMA N 13 Palembang  
Oleh: Ernalida ; Ayob, Adenan
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas, page 340-346.
Topik: Mind mapping; Konstruktif; Imajinatif; Menulis cerpen
Fulltext: hal 340-346.pdf (18.75MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 14
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif (MMKI) terhadap kemampuan menulis cerpen dan sikap siswa SMA Negeri 13 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Palembang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang dan kelas eksperimen kelas XI MIA 3 yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis cerpen dan angket sikap. Tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan menulis cerpen dan uji korelasi Pearson digunakan untuk melihat hubungan subskala sikap keyakinan, kesukaan , dan usaha akademik. Analisis data menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas kontrol terdapat rata-rata tes awal yaitu 72,62 dan tes akhir 76. Sementara itu, tes awal pada kelas eksperimen 68.05 dan tes akhir 79.31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan menerapkan model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif (MMKI) mempunyai pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil uji t yaitu t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,00 > 1,999) dengan sig.0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap keyakinan, kesukaan, dan usaha akademik terhadap kemampuan menulis cerpen. Ini berarti bahwa model MMKI dapat digunakan oleh guru-guru bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis cerpen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)