Anda belum login :: 30 Apr 2025 21:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbandingan Hasil Kemampuan Membaca Pemahaman Antara Strategi Mambaca Pemahaman OK4R dan Strategi Ecola Pada Siswa Sekolah Dasar
Oleh:
Ariani, Yohanna Claudia Dhian
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas
,
page 255-258.
Topik:
Hasil kemampuan membaca pemahaman
;
Strategi membaca OK4R
;
Strategi membaca ECOLA
Fulltext:
hal 255-258.pdf
(18.75MB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 14
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Membaca pemahaman (reading for understanding) adalah jenis membaca untuk memahami standar-standar atau norma-norma kesastraan, resensi kritis, drama tulis, dan pola-pola fiksi dalam usaha memperoleh pemahaman terhadap teks sehingga pembaca menggunakan strategi tertentu (Tarigan, 2008). Pemilihan strategi membaca berkaitan erat dengan faktor-faktor yang terlibat dalam pemahaman, yaitu konteks dan pembaca teks itu sendiri. Strategi Overview, Key, Read, Recall, Reflect, Review (OK4R) dan Extending Concept throught Language Activities (ECOLA) merupakan dua strategi membaca pemahaman yang dapat dilakukan pada pembelajaran membaca. Kedua strategi itu meliputi kegiatan persiapan membaca (prabaca), membaca dalam hati (membaca), dan tindak lanjut (pascabaca). Penelitian ini bertujuan membandingkan penerapan strategi Overview, Key, Read, Recall, Reflect, Review (OK4R) dan Extending Concept throught Language Activities (ECOLA) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dan V dari empat SD yang terletak di Jakarta. Peneliti membandingkan efektivitas dua strategi tersebut yang memiliki tahapan membaca yang berbeda. Setiap strategi diterapkan di kelas rendah (III) dan di kelas tinggi (V). Setiap strategi yang diterapkan pada masingmasing tingkatan dilakukan dua kali dengan materi bacaan yang berbeda untuk melihat peningkatan yang terjadi. Setelah hasil diolah, peneliti membandingkan hasil peningkatan yang terjadi pada dua strategi tersebut dan pada dua tingkatan kelas yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif untuk mengolah hasil tes dan kualitatif untuk deskripsi pelaksanaan strategi membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pertanyaan bacaan yang dibuat sesuai kurikulum Bahasa Indonesia SD dan aspek kognitif tingkat pemahaman (C2) sesuai teori taksonomi Bloom. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial (uji-T). Hasil tes membaca pemahaman siswa diolah dengan uji-T untuk melihat perbedaan hasil membaca pemahaman dengan strategi OK4R dan strategi ECOLA.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)