Anda belum login :: 06 Jun 2025 07:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Memahami Karakter Han Dengan Mengalokasikannya Dengan Benda-benda Alam
Oleh:
Aryanti, Uti
;
Kabul, Assa Rahmawati
;
Hasanah, Hana Nurul
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas
,
page 183-187.
Topik:
Karakter Han
;
Hanzi
;
Pengajaran Hanzi
;
Makna Hanzi
Fulltext:
hal 183-187.pdf
(18.75MB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 14
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Tujuan pengajaran bahasa secara umum tak lepas dari penguasaan empat kemahiran berbahasa, yakni kemahiran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengajaran Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing pun memiliki tujuan yang sama. Namun, karena Bahasa Mandarin memiliki sistem aksara yang berbeda dengan Bahasa Indonesia, maka diperlukan pendekatan yang berbeda untuk mengajarkan penulisan karakter Han kepada pembelajar Bahasa Mandarin yang bahasa pertamanya adalah Bahasa Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah saat ini karakter Han dianggap sebagai bentuk-bentuk yang tidak bermakna oleh pembelajar Bahasa Mandarin tingkat pemula, pada saat yang sama strategi pengajaran penulisan karakter Han yang digunakan tidak efektif untuk mengajarkan kemaknawian dibalik bentuk-bentuk karakter Han. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa karakter Han merupakan bentuk-bentuk yang bermakna dan menemukan strategi pengajaran penulisan karakter Han yang efektif. Untuk dapat mencapai tujuan penelitian, ditarik suatu hipotesa bahwa pengajaran karakter Han yang efektif bagi pembelajar di Program Studi Cina adalah pengajaran yang memadukan pendekatan karakter dan pendekatan makna. Dengan begitu, diharapkan pembelajar dapat mengetahui asal usul pembentukan karakter Han sekaligus memahami maknanya melalui penggunaan karakter tersebut di dalam kata, frase, klausa dan kalimat tunggal. Data dalam penelitian ini diambil dari buku ajar Bahasa Mandarin yang digunakan di Program Studi Cina Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Buku ajar tersebut digunakan oleh pembelajar semester pertama. Ada empat tahap analisis yang akan dilakukan dalam penelitian ini. Pertama, analisis dilakukan untuk menentukan komponen pembentuk makna (satuan bentuk). Komponen makna ini dibatasi pada bendabenda alam. Kedua, mengelompokkan karakter Han berdasarkan komponen pembentuk makna yang sejenis. Tahap selanjutnya, mencari relasi dari hasil analisis pada tahap kedua. Terakhir, mencari kolokasi dari setiap karakter Han hasil analisis tahap kedua. Hasil kolokasi tersebut dapat berupa kata majemuk atau frase yang selanjutnya dapat dibentuk menjadi klausa dan kalimat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan strategi pengajaran penulisan bagi para pengajar Bahasa Mandarin. Selain itu, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pembelajar Bahasa Mandarin bahwa karakter Han dibentuk berdasarkan makna tertentu.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)