Anda belum login :: 23 Apr 2025 21:54 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Strategi Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Anak Usia Prasekolah
Oleh:
Kulup, Luluk Isani
;
Pujiastuti, Rahayu
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 14 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Keempat Belas
,
page 160-165.
Topik:
Strategi belajar
;
Pembelajaran bahasa kedua
;
Anak usia prasekolah
Fulltext:
hal 160-165.pdf
(18.75MB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 14
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar dalam pembelajaran bahasa kedua anak usia prasekolah. Pertanyaan penelitiannya adalah bagaimana wujud strategi kognitif dalam pembelajaran bahasa kedua pada anak usia prasekolah? Pertanyaan kedua adalah bagaimana wujud strategi sosial dalam pembelajaran bahasa kedua pada anak usia prasekolah? Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Pendekatan kualitatif dianggap relevan karena (1) menonjolkan peran latar alami; (2) menggunakan data yang bersifat deskriptif; (3) mementingkan makna; (4) menggunakan cara induktif karena tidak bermaksud menguji hipotesis (Bogdan dan Biklen, 1992:27-29). Data penelitian ini berupa ujaran yang dihasilkan anak usia prasekolah ketika mempelajari bahasa kedua yang berupa bahasa Indonesia. Ujaran tersebut berupa kata, frase, klausa, atau kalimat yang dapat memberi gambaran strategi belajar bahasa yang berupa strategi kognitif maupun strategi sosial. Sumber data dari penelitian ini adalah anak usia prasekolah yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Jadi, sebelumnya, anak menggunakan bahasa pertama yang berupa bahasa Jawa. Jumlah anak yang menjadi sumber data nantinya dipilih dengan jumlah gasal berdasarkan konsep Ingram (1992:21) yang memakai tiga orang untuk angka minimum absolut untuk menentukan ciri umum pembelajaran. Bila hanya mengambil satu subjek kurang dapat memperoleh gambaran, anak tersebut khas atau tidak, bila dua subjek tidak dapat diketahui dari kedua subjek tersebut yang khas, tetapi dengan tiga subjek, sekurang-kurangnya akan mempunyai mayoritas yang dapat digunakan untuk membuat keputusan. Dalam penelitian ini. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik (1) simak, baik libat cakap maupun bebas libat cakap; (2) lesap/pancing; (3) catat; (4) rekam (Mahsun, 2013:92-93). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berbagai media yang berbentuk verbal, audio, dan visual, seperti pertanyaan langsung, lagu, gambar-gambar, permainan, dan sebagainya. Instrumen tersebut digunakan pada saat pemancingan sehingga terkumpul data. Adapun prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu (1) menentukan pola yang dipakai untuk mengumpulkan data; (2) melakukan pengamatan; (3) membuat format data untuk memudahkan satuan data dan hubungan antarsatuan data. Berdasarkan analisis data ditemukan bentuk-bentuk ujaran yang direalisasikan dalam strategi belajar. Di antaranya, 1) bentuk pengulangan, 2) mengaitkan unformasi dengan informasi lain, 3) meminta klarifikasi, koreksi 4) bekerja sama, 5) empati.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)