Menganalisa seberapa besar pengaruh biaya distribusi terhadap peningkatan penjualan PT. Kompas Media Nusantara (Sirda Fatmawati - Jakarta Selatan) selama 5 tahun yaitu dari tahun 1995 - 1999 yang diperoleh dari pihak perusahaan. Dalam menganalisa data-data yang diperoleh dari perusahan, penulis menggunakan analisis koefisien korelasi, dimana diperoleh nilai r sebesar 0,9502 atau 95,02% menunjukkan bahwa hubungan antara biaya distribusi dengan peningkatan penjualan adalah erat dan positif. Dan dengan koefisien determinasi maka diperoleh hasil sebesar 0,90288 yang berarti naik turunnya penjualan dipengaruhi sebesar 90,288% biaya distribusi sedangkan 9,711% oleh faktor-faktor lain yang mendukung penjualan. Dan diperoleh persamaan regresi linear yaitu Y= - 0,33 + 66,17 X. Selain itu, hasil pengujian hipotesis sebesar 9,075 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, bahwa antara biaya distribusi dan tingkat penjualan terdapat hubungan yang positif, yang artinya kenaikan biaya distribusi akan meningkatkan hasil penjualan di PT. Kompas Media Nusantara (sirda Fatmawati - Jakarta Selatan) ini. |