Anda belum login :: 23 Jul 2025 12:03 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Kinerja Ruas Jalan Dengan Menggunakan MKJI Jalan AKBP Cek Agus Palembang  
Oleh: Ifran, Ifsan ; Zulkarnain, Yules Pramona ; Fuad, Indra Syahrul
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Desiminasi Teknologi vol. 03 no. 01 (Jan. 2015), page 56-65.
Topik: Kapasitas ruas jalan; tingkat pelayanan; kinerja ruas jalan; road capacity; level of service; performance road
Fulltext: JJ1645603012015.pdf (543.6KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ164
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelTransportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis untuk memperlancar pergerakan kebutuhan masyarakat. Perencanaan dan pembangunan sarana dan prasarana transportasi, sangat mempengaruhi dan menentukan peningkatan pertumbuhan perekonomian dalam menunjang pencapaian sasaran pembangunan dan hasil-hasilnya yang berdampak nyata pada perubahan yang konstruktif dalam masyarakat disemua aspek kehidupan. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut di atas diperlukan suatu metode untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi eksisting jalan terhadap perubahan pergerakan arus lalu lintas. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data primer berupa survei Lalu lintas Harian Rata-Rata dan kapasitas jalan AKBP Cek Agus juga data sekunder yang selanjutnya dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Sehingga dari analisis ruas jalan ini dapat terlihat kebutuhan dan pemenuhan pelayanan jaringan jalan yang digunakan untuk mengatasi persoalan terutama kemacetan maupun persoalan lalu lintas lainnya pada ruas jalan AKBP Cek Agus. Tingkat pelayanan jalan (Level of Service /LOS) pada ruas jalan AKBP Cek Agus, seperti arah Simpang Patal pada pagi hari (V/C 0,556), siang hari (V/C 0,467) dan sore hari (V/C 0,574); sedangkan untuk arah Jalan Taman Kenten pada pagi hari (V/C 0,443), siang hari (V/C 0,320) dan sore hari (V/C 0,375). Hal ini menunjukkan bahwa volume lalu lintas telah melampaui kapasitas pelayanan jaringan jalan. Tingginya nilai V/C ratio pada ruas jalan AKBP Cek Agus menunjukkan bahwa tingkat pelayanan sudah tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas. Maka alternatif pelebaran jalan dan pengaturan lalu lintas disekitar wilayah perlu dilaksanakan, Selain itu pembangunan jembatan Musi IV juga perlu dilakukan agar volume kendaraan dapat menyebar dan mengurangi kemacetan di wilayah tersebut. Perlu adanya perhatian yang berkelanjutan pertahun dari Pemerintah Daerah maupun kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap masalah persimpangan Rajawali maupun jalan AKBP Cek Agus, karena seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya jumlah penduduk dan perekonomian masyarakat, maka meningkat pula pergerakan lalu lintas pada setiap ruas jalan pada wilayah setempat yang berpengaruh pada kinerja persimpangan terutama masalah kemacetan, tundaan, peluang antrian dan persoalan lainnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)