Anda belum login :: 07 Jun 2025 14:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Ilmu Pendidikan
Oleh:
Gunadi, R. Andi Ahmad
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Ilmiah Widya vol. 02 no. 03 (Aug. 2014)
,
page 175-182.
Topik:
strategi pembelajaran
;
konsep diri
;
hasil belajar
;
learning strategies
;
self-concept
;
learning outcomes
Fulltext:
JJ16217502032014.pdf
(32.04KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ162
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan instruksional, cara pengorganisasian materi kuliah dan peserta didik, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pendidikan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2, dilakukan di Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan sampel 44 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibandingkan hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar mahasiswa dengan konsep diri tinggi dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran ekspositori; (3) hasil belajar mahasiswa dengan konsep diri rendah dengan strategi pembelajaran kooperatif hasilnya lebih rendah daripada hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran ekspositori; (4) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan konsep diri pada hasil belajar mahasiswa mata kuliah ilmu pendidikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)