Anda belum login :: 07 Jun 2025 14:02 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Strategi Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Ilmu Pendidikan  
Oleh: Gunadi, R. Andi Ahmad
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Ilmiah Widya vol. 02 no. 03 (Aug. 2014), page 175-182.
Topik: strategi pembelajaran; konsep diri; hasil belajar; learning strategies; self-concept; learning outcomes
Fulltext: JJ16217502032014.pdf (32.04KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ162
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelStrategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan instruksional, cara pengorganisasian materi kuliah dan peserta didik, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan konsep diri terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Pendidikan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2, dilakukan di Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan sampel 44 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi dibandingkan hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar mahasiswa dengan konsep diri tinggi dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran ekspositori; (3) hasil belajar mahasiswa dengan konsep diri rendah dengan strategi pembelajaran kooperatif hasilnya lebih rendah daripada hasil belajar mahasiswa dengan strategi pembelajaran ekspositori; (4) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan konsep diri pada hasil belajar mahasiswa mata kuliah ilmu pendidikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)