Anda belum login :: 04 Jun 2025 10:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritik Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar IPA
Oleh:
Ahmad, Deni Nasir
Jenis:
Article from Article
Dalam koleksi:
Jurnal Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol. 05 no. 01 (Apr. 2015)
,
page 55-67.
Topik:
Berpikir Kritik
;
Konsep Diri
;
Prestasi Belajar IPA
;
thinking Criticism
;
Self Concept
;
Science Learning Achievement
Fulltext:
FF295505012015.pdf
(701.05KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FF29
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kemampuan berpikir kritik terhadap prestasi belajar IPA. Mengetahui pengaruh langsung konsep diripeserta didik terhadap prestasi belajar IPA. Mengetahui pengaruh langsung kemampuan berpikir kritik terhadap konsep diri peserta didik. Mengetahui pengaruh tidak langsung kemampuan berpikir kritik terhadap prestasi belajar IPA melalui konsep diri peserta didik.Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel penelitian diperoleh melalui Multi Stage Random Sampling berjumlah 88 orang peserta didik yang berasal dari SMP Negeri se-kecamatan sukmajaya yakni SMP Negeri 3 Depok dan SMP Negeri 4 Depok. Pengumpulan data dilakukan denganpemberian kuesioner dan dengan melaksanakan tes prestasi belajar. Analisa data dilakukan melalui statistik deskriptif, koefisienkorelasi ganda Pearson, koefisien determinasi dan analisis regresi. Uji statistik yang digunakan adalah uji-t dan uji-F. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 6 mei 2013 sampai dengan 7 mei 2013.Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kemampuan berpikir kritik dan konsep diri peserta didik terhadap hasil belajar IPA pada kelas VIII SMP Negeri sekecamatan Sukmajaya Depok, yaitu 1) Kemampuan berpikir kritik terhadap prestasi belajar IPA terdapat pengaruh secara tidak langsung yang signifikan, yakni t hitung < t atau 1,539 < 2,000. 2) Konsep diri peserta didikterhadap prestasi belajar terdapat pengaruh secara tidak langsung yang signifikan, yakni t tabel atau 1,414 < 2,000. 3) Kemampuan berpikir kritik terhadap konsep diri peserta didik terdapat pengaruh secara langsung yang signifikan, yakni t - 55 - hitung > t atau 2,522 > 2,000. 4) Kemampuan berpikir kritik terhadap prestasi belajar IPA melalui konsep diri tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan, yakni t hitung < t tabel atau 0,383 < 2,000.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)