Anda belum login :: 04 Jun 2025 10:23 WIB
Detail
ArtikelKemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa  
Oleh: Zulkarnain, Ihwan
Jenis: Article from Article
Dalam koleksi: Jurnal Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol. 05 no. 01 (Apr. 2015), page 42-54.
Topik: Pemecahan Masalah; Komunikasi Matematika; Model Pembelajaran; STAD; TPS; Problem Solving; Mathematics Communication; Learning Model
Fulltext: FF295425012015.pdf (566.22KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FF29
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika dan kemampuan komunikasi Matematika siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen. Analisis data menggunakan teknik statistika MANOVA (Multivariat Analisis of Varians). Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika dan kemampuan komunikasi Matematika secara multivariat. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara matrik kemampuan pemecahan masalah Matematika dan kemampuan komunikasi Matematika pada pemberian model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TPS. (2) Secara univariat didapat: (a) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika antara yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TPS. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. (b) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi Matematika antara siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TPS. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan komunikasi Matematika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)