Anda belum login :: 07 Jun 2025 13:22 WIB
Detail
ArtikelLayanan Referensi Virtual: Sebuah Strategi Jasa Layanan Referensi di Perpustakaan  
Oleh: Restanti, Anisa Sri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Visipustaka: Majalah Perpustakaan vol. 17 no. 01 (Apr. 2015), page 3-10.
Topik: layanan; referensi; informasi; literatur; virtual; perencanaan; strategi; services; reference; information; literature; virtual; planning; strategy
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: VV7
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam penyebaran informasi. Pada masa ini dunia kepustakawanan sedang mengalami masa transisi yang sangat besar dilihat dari sisi koleksi, SDM, dan fasilitas fisik perpustakaan. Perubahan ini merupakan penyesuaian kebutuhan pemustaka karena permasalahan-permasalahan yang terjadi pada saat ini. Terdapat beberapa layanan jasa informasi dalam sebuah perpustakaan perguruan tinggi. Salah satu di antaranya adalah layanan referensi. Menurut Tao (2009), penggunaan perpustakaan secara fisik telah bergeser ke format online sehingga berimbas pada menurunnya transaksi pada layanan jasa referensi. Artikel ini membahas layanan referensi virtual beserta perencanaan dan strateginya. Selanjutnya, artikel ini disusun berdasarkan studi literatur yang mendukung pokok bahasan. Berdasarkan studi literatur, dapat diketahui bahwa layanan referensi virtual adalah salah satu strategi perpustakaan dalam memberikan layanan referensi. Selanjutnya, perpustakaan dapat menghadirkan layanan referensi dalam "genggaman tangan" sehingga layanan referensi tidak ditinggalkan oleh pemustaka.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)