Anda belum login :: 18 Apr 2025 04:02 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Sistem Nilai dalam Budaya Organisasi Sekolah Unggul: Studi Multikasus  
Oleh: Manshur
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 3 (Nov. 2012), page 512-523.
Topik: sistem nilai; budaya organisasi; sekolah unggul; SMP
Fulltext: 1555-4590-1-PB_Ros.pdf (81.32KB)
Isi artikelPenerapan Sistem Nilai dalam Budaya Organisasi Sekolah Unggul Studi Multikasus. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran mendalam tentang penerapan sistem nilai dalam budaya sekolah unggul yang memiliki latar budaya organisasi yang berbeda, baik dari segi nilai-nilai yang dianut maupun penyelenggaranya, yaitu SMPN1 Banyuwangi, SMP Kristen Aletheia Genteng, dan SMP Bustanul Makmur Genteng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan budaya. Informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan analisis lintas kasus. Temuan penelitian sebagai berikut. (1) Penerapan sistem nilai pengetahuan terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai prestasi; (b) sistem nilai mandiri; (c) sistem nilai displin; dan (d) sistem nilai keunggulan. (2) Penerapan sistem nilai sosial terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai kebebasan yang ber tanggung jawab; (b) sistem nilai kesederhanaan kesahajaan; dan (c) sistem nilai kebersamaan dan persaudaraan. (3) Penerapan sistem nilai agama terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai ibadah; dan (b) sistem nilai kerendahan hati.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)