Anda belum login :: 18 Apr 2025 04:00 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Goal Setting dan Self-Monitoring dalam Penguasaan Keterampilan Gerak dan Motivasi Intrinsik Siswa Sekolah Dasar
Oleh:
Hidayat, Yusup
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 3 (Nov. 2012)
,
page 495-511.
Topik:
Pengaturan tujuan
;
pemantauan diri
;
keterampilan motorik
;
motivasi intrinsik
Fulltext:
1554-4589-1-PB_Ros.pdf
(133.81KB)
Isi artikel
Pengaruh Goal Setting dan Self-Monitoring dalam Penguasaan Keterampilan Gerak dan Motivasi Intrinsik Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penetapan tujuan dan, pemantauan diri sebagai dua komponen penting dari self regulated learning (SRL) dengan penguasaan keterampilan motorik dan motivasi intrinsik dari siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 mahasiswa (terdiri dari 35 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan), kelas empat dan lima berusia 10-12 tahun di SD Padasuka Bandung. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok eksperimental dan satu kelompok kontrol dengan tugas acak. Data hasil perhitungan dengan menggunakan Manova dua faktorial menunjukkan bahwa penerapan tujuan dan, pemantauan diri memberikan pengaruh yang signifikan pada peningkatan keterampilan motorik anak panah melempar dan motivasi intrinsik. Tujuan dinamis meningkatkan keterampilan motorik melemparkan panah dan motivasi intrinsik lebih tinggi dari proses dan tujuan produk secara signifikan, sedangkan tujuan proses meningkatkan keterampilan motorik melempar panah dan motivasi intrinsik lebih tinggi dari tujuan produk secara signifikan. Secara umum, semua kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan motorik melemparkan panah dan motivasi intrinsik yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol secara signifikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)