Anda belum login :: 17 Apr 2025 09:52 WIB
Detail
ArtikelMetode Pembelajaran Membaca Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini dengan Metode ANP  
Oleh: Marlina, Dwi ; Juliana ; Sa'diah, Halimatus
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Faktor Exacta: Jurnal Ilmiah Teknologi vol. 08 no. 04 (Dec. 2015), page 338-346.
Topik: minat baca; membaca; anak; TK; ANP
Fulltext: FF3033808042015.pdf (668.32KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FF30
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelKemampuan membaca adalah satu ketrampilan sangat penting yang dibutuhkan anak-anak mengarungi dunia pembelajaran. Berbagai metode belajar membaca pun bermunculan untuk membantu para guru dan orang tua mengajarkan ketrampilan ini. Akan tetapi, metode saja sebetulnya tidak cukup, sebab setiap anak itu unik dan keunikan itu membutuhkan layanan metode yang berbeda-beda. Yang lebih menentukan adalah pemahanan orang tua tentang bagaiman sebetulnya anak-anak itu belajar. Belajar membaca pada anak usia dini harus bisa menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi mereka dan di Taman Kanak-kanak (TK) mereka bisa mendapatkan model pembelajaran yang menyenangkan. Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur formal dan peletak awal pembalajaran yang memberikan pondasi dasar persiapan tahap belajar selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar minat baca anak di taman kanak-kanak dalam meningkatkan belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah yang diidentifikasi melalui metode ANP. Diduga minat baca anak di taman kanak-kanak dipengaruhi oleh faktor lain antara lain metode pengajaran, kemampuan membaca, kemampuan Berbahasa yang disesuaikan dengan pengelompokan sesuai dengan usia anak TK (Kelompok A dan Kelompok B) dan didukung oleh media atau alat peraga yang disediakan oleh guru. Model ANP dapat melakukan pengukuran dan sintesis sejumlah faktor-faktor dalam bentuk hierarki ataupun jaringan antar cluster. Cluster yang terdapat pada model ANP ini terdiri dari metode pengajaran kemampuan membaca, kemampuan berbahasa dan alternatif yang saling ketergantungan (berpasangan) antar beberapa elemen (kriteria dan alternatif).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)