Anda belum login :: 19 Jul 2025 00:15 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP  
Oleh: Farozin, Muh
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 1 (Feb. 2012), page 143-156.
Topik: bimbingan klasikal; motivasi belajar
Fulltext: 1472-4461-1-PB_Ros.pdf (113.33KB)
Isi artikelPengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model bimbingan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di Kulon Progo Yogyakarta dan mengetahui efektivitas modelnya. Pendekatan penelitian adalah Research and Development dengan subjek penelitian siswa dan guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data adalah angket bimbingan klasikal dan inventori motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji t dan deskriptif. Bimbingan klasikal dilaksanakan melalui interaksi edukatif, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, media film, LCD, hand out, papan tulis, terjadwal sepuluh pertemuan, disusun satuan layanan dengan topik delapan faktor instriksik motivasi belajar siswa. Uji efektivitas model menggunakan pretest dan posttest motivasi belajar siswa. Secara keluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di Kulon Progo dengan kontribusi peningkatan 44,99%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)