Anda belum login :: 23 Apr 2025 06:45 WIB
Detail
ArtikelPencapaian Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta  
Oleh: Soeharto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 31 no. 1 (Feb. 2012), page 23-7.
Topik: pencapaian Standar Nasional Pendidikan; Sekolah Menengah Kejuruan
Fulltext: 1464-4453-1-PB_Ros.pdf (101.95KB)
Isi artikelPencapaian Standar Nasional Pendidikan di SMK DIY. Sebagai kota yang memperoleh julukan kota pelajar, selayaknya Yogyakarta berwawasan keunggulan, yakni memiliki ketersediaan lembaga pendidikan yang prima. Pendidikan prima berwawasan keunggulan dimiliki jika delapan standar nasional pendidikan dipenuhi yang menyangkut standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, penilaian, dan standar pembiayaan. Pengukuran ketercapaian standar nasional di lapangan secara legal formal adalah menggunakan perangkat instrumen akreditasi sekolah. Terdapat 137 titik akreditasi pada 2009 di seluruh DIY. Melalui pengolahan data yang ada di kantor BAN S/M dan BAP S/M DIY, dianalisis butir per butir yang tergolong pada tiap standar diperoleh hasil pencapaian tiap standar. Pencapaian Standar Isi dihitung dari banyaknya sekolah/program keahlian yang menjawab A dibagi dengan jumlah keseluruhan titik akreditasi = 0.71. Dengan cara yang sama terukur pencapaian Standar Proses sebesar 0.66, Standar Kompetensi Lulusan sebesar 0.57, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 0.69, Standar Sarana Prasarana 0.70, Standar Pengelolaan 0.67, Standar Pembiayaan 0.83, Standar Penilaian Pendidikan 0.74.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)