Anda belum login :: 23 Jul 2025 05:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Kualitas Layanan dan Kinerja Koperasi di Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2011
Oleh:
Parani, Syamsul Bahri Dg.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM vol. 08 no. 01 (Oct. 2013)
,
page 76-86.
Topik:
kualitas layanan
;
kinerja
;
koperasi
;
provinsi sulawesi tengah
;
quality of service
;
performance
;
cooperation
;
central sulawesi province
Fulltext:
JJ1637608012013.pdf
(948.26KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ163
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kualitas layanan merupakan faktor penting untuk meningkatkan kinerja. Kualitas layanan, terdiri dari aspek tangible, reliability, responsivenes, assurance dan empathy. Meningkatnya kualitas layanan koperasi terhadap anggota, maka dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan anggota koperasi. Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan dan kinerja koperasi di kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Tengah. Berdasarkan tujuan tersebut, maka alat analisis yang digunakan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Nomor 06/ Per/M.KUKM/III/2008 tentang Pedoman Pemeringkatan Koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai negatif dari seluruh aspek kualitas pelayanan koperasi pada kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, baik itu aspek tangible, reliability, responsivenes, assurance dan empathy. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang dirasakan oleh anggota koperasi belum sesuai dari yang diharapkan. Sedangkan penilaian kinerja koperasi di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 25 koperasi yang terbagi ke dalam 10 (sepuluh) kabupaten/kota yaitu Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Sigi, Kabupaten Morowali, Kabupaten Poso, Kabupaten Buol, Kabupaten Banggai, Kabupaten ToliToli, Kabupaten Tojo Una-Una diperoleh hasil bahwa terdapat 44 persen koperasi yang cukup berkualitas dan 56 persen yang kurang berkualitas.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)