Anda belum login :: 13 May 2025 13:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Strategi Pengembangan Produk pada PT Harindotama Mandiri
Bibliografi
Author:
Magenda, Mira Farieta Ananda
;
Simanjuntak, James
(Advisor)
Topik:
MARKETING
;
PRODUCTION
;
Pemasaran
;
Manajemen Pemasaran
;
Bauran Pemasaran
;
Pengembangan Produk
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2000
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Mira Farieta Ananda Magenda's Undergraduate Theses.pdf
(1.62MB;
4 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEM-3697
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Produk merupakan salah satu elemen dari bauran pemasaran yang cukup penting dalam pemasaran. Agar produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan agar dapat bersaing dengan produk lainnya, maka perusahaan perlu melakukan kegiatan pengembangan produk yaitu dengan merancang produknya sedemikian rupa agar dapat memenuhi kemginan pasar dan mencapai pasar yang diinginkan. Dalam melakukan kegiatan pengembangan produk sebaiknya perusahaan terlebih dahulu melakukan riset atau penelitian terhadap perubahan selera konsumen secara terus-menerus. Kebutuhan konsumen yang berubah-ubah ini hanya dapat diimbangi dengan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Untuk itu perusahaan harus meningkatkan kwalitas dan kwantitas produk. Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produk sangat memepengaruhi usaha peusahaan terutama untuk meningkatkan penjualan, sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produksi yang bersaing, promosi yang gencar, dan sistem distribusi yang baik tanpa mengadakan pengembangan produk maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimum. Hal ini diakibatkan oleh kecenderungan dari konsumen yang merasa jenuh terhadap jenis atau model produk yang dihasilkan. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengembangan produk mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat penjualan, dimana terdapat hubungan yang positif antara kenaikan biaya pengembangan produk dengan peningkatan penjualan. Hipotesis ini harus diandaikan bahwa produk tersebut belum tersedia di pasaran dan memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh pesaing sehingga kegiatan pengembangan produk dalam membantu peningkatan penjualan dapat dilaksanakan dengan baik. Apabila produk tersebut telah tersedia di pasaran dan memiliki ciri khas yang sama dengan produk yang sudah ada, menyebabkan pembelian ulang terhadap produk tersebut menjadi menurun. Pada akhirnya tingkat penjualan yang dicapai juga ikut menurun. Ternyata terbukti bahwa antara biaya pengembangan produk dan tingkat penjualan PT. Harindotama Mandiri terdapat hubungan yang positif setelah dilakukan analisa dengan menggunakan metode koefisien korelasi. Artinya setiap kenaikan atau penurunan biaya pengembangan produk akan diikuti pula dengan kenaikan atau penurunan tingkat penjualan. Melalui pembuktian ini semestinya perusahaan menyadari betapa pentingnya melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan, serta diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi pengembangan produk dengan cermat dan tepat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)