Anda belum login :: 06 Sep 2025 00:42 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Jaringan Usaha Menuju Koperasi Berskala Global  
Oleh: Siaahan, Rapma
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Infokop: Media Pengkajian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah vol. 23 no. 01 (Oct. 2013), page 79-96.
Topik: jaringan; koperasi berskala dunia; network; world-scale cooperative
Fulltext: II787923012013.pdf (453.07KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: II78
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelSalah satu masalah yang menjadi kendala sangat mendesak untuk diatasi dalam pengembangan pasar koperasi adalah keterbatasanjaringan yang menyebabkan koperasi kesulitan mengakses pasar, baik di tingkat lokal, nasional maupun global. Kesulitan tersebut disebabkan koperasi adalah pemain baru yang dalam banyak aspek dan komoditas belum banyak dikenal pasar. Sedangkan di sisi yang lain koperasi belum dapat mengembangkan potensi anggotanya yang sebagian besar sudah terikat pada sistem pasar konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diperhatikan bahwa transaksi yang terjadi dalam pasar adalah atas dasar kesepakatan dua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Namun idealnya konsep pasar bebas tersebut dapat tidak berlaku dalam koperasi, karena dalam sistem koperasi terkandung modal sosial yang memungkinkan terbentuknya jaringan dan pasar tertutup antar anggota dan antara koperasi dengan anggotanya. Potensi koperasi ini idealnya harus dapat ditumbuhkembangkan untuk membentuk jaringan yang tidak saja dalam skala lokal, tetapi juga sampai dengan pengembangan pasar di tingkat global. Untuk menumbuhkembangkan modal sosial tersebut, koperasi harus kembali pada jatidirinya dalam arti dapat mengimplementasikan asas dan prinsip dasar koperasi sebagai norma, yang dapat menumbuhkan kepercayaan untuk kemudian membentuk jaringan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)