Anda belum login :: 22 Jul 2025 21:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Melalui Belajar Dalam Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Teori Peluang
Oleh:
Hayati, Laila
;
Romdhini, Mamika Ujianita
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Teknodik vol. 16 no. 2 (Jun. 2012)
,
page 159-168.
Topik:
pendekatan pemecahan masalah matematika
;
belajar dalam kelompok kecil
;
teori peluang
;
mathematical problem-solving approaches
;
learning in small groups
;
the theory of probabilities
Fulltext:
JJ12815916022012.pdf
(1.1MB)
Isi artikel
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dengan pendekatan pemecahan masalah melalui belajar dalam kelompok kecil. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada mahasiswa semester I program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan dari siklus 1 sampai siklus 3 berturut-turut diperoleh ketuntasan belajar yang dicapai mahasiswa adalah 85,19% dengan rata-rata 78,37; 59,25% dengan rata-rata nilai 59,35 dan 81,48% dengan rata-rata nilai 79,81. Aktivitas belajar mahasiswa dari siklus 1 sampai siklus 3 berjalan efektif. Dari hal tersebut, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah melalui belajar dalam kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika tahun ajaran 2011/2012 pada mata kuliah teori peluang.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)