Anda belum login :: 26 Jul 2025 14:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan program keselamatan dan kesehatan karyawan (K3) pengaruhnya terhadap loyalitas karyawan di perusahaan jasa cleaning service PT.XYZ
Oleh:
Prabawanti, Benedicta Evienia
;
Soelasih, Yasintha
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Human Resources Management Seminar and Call for Paper (HRMIS) Vol.3 No.1 Th.2013: The implementation of Humann Resources Management System (HRMIS) to Enhance Corporate Values, Semarang, 29 Oktober 2013
,
page 326-334.
Topik:
Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja
;
Persepsi Karyawan
;
Loyalitas
;
JABFUNG-BEP-2015-11
Fulltext:
HRMIS_Semarang 29 0kt 2013 - p326.pdf
(601.48KB)
Isi artikel
Berada di era giobalisasi yang saat ini sedang berjalan dan sebentar lagi akan memasuki masa penerapan masyarakat ekonomi Asean atau lebih dikenal dengan Asean Economic Community, maka perlu dipersiapkan sumber daya yang mampu untuk mengatasi perkembangan tersebut. Sumber daya khususnya sumber daya manusia merupakan faktor yang mempunyai peran cukup penting di dalam perusahaan. Kesiapan perusahaan dalam memfasilitasi karyawan untuk dapat melakukan pekerjaannya dengan baik juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Sumber daya manusia tidak semata-mata bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan, tetapi mereka juga mengharapkan adanya perhatian dari perusahaan bagi keselamatan dan kesehatan ketika mereka bekerja. Program K3 menjadi program penting yang seharusnya dimiliki perusahaan, karena dengan adanya program ini diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran akan keselematan karyawan ketika melakukan pekerjaannya. Penelitian ini ingin melihat pengaruh penerapan program K3 Terhadap Peningkatan Kinerja dan Loyalitas Karyawan Cleaning Service (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa outsourcing di PT.X). Hasil yang diperoleh Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa keselamatan kerja mempunyai pengaruh terhadap loyalitas karyawan dalam bekerja, sedangkan untuk kesehatan kerja karyawan ternyata tidak berpengaruh sama sekali terhadap loyalitas karyawan. Hal ini dapat terjadi karena perusahaan tidak terlalu memperhatikan fasilitas kesehatan bagi karyawan. Hasil lain yang terlihat adalah mereka cukup puas dengan program K3 yang diterapkan perusahaan, ini terlihat dari kecilnya angka absen/ ketidakhadiran karyawan, serta kecilnya turn over karyawan, hal ini menjadi salah satu bukti bahwa mereka cukup loyal terhadap perusahaan dan bukti loyalitas itu ditunjukkan dengan peningkatan kinerja karyawan, terlihat dari semakin banyaknya karyawan yang menerima "Golden Heart Award", yaitu sebuah penghargaan yang diberikan bagi karyawan yang bekerja dengan baik dan jujur.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.046875 second(s)