Anda belum login :: 16 Apr 2025 22:54 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Kota Batu  
Oleh: Irbantoro, Dolly ; Dewanto, Aryo ; N, Asih Tri Rachmi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 13 no. 1 (Mar. 2015), page 158 - 165.
Topik: kualitas pelayanan; kepuasan pasien; perceived services quality; patient satisfaction
Fulltext: 750-1957-1-PB_ros.pdf (169.63KB)
Isi artikel Perkembangan rumah sakit di Indonesia meningkatkan kompetisi antar rumah sakit. Hal ini menuntut peingkatan kualitas pelayanan yang memuaskan pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Kota Batu. Penelitiannya adalah penelitian cross sectional dengan 110 responden yang sedang dirawat inap atau keluarganya pada bulan April sampai dengan Mei 2014 di empat rumah sakit di Kota Batu. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari infrastruktur, kualitas pegawai, proses perawatan klinis, prosedur administrasi, pelaksanaan keselamatan pasien, citra rumah sakit, tanggung jawab sosial rumah sakit, kepercayaan terhadap rumah sakit sebagai variabel bebas dan kepuasan pasien sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dengan pengukuran skala Likert 5 tingkat. Data dianalisis menggunakan analisis regersi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur, kualitas pegawai, proses perawatan klinis, prosedur administrasi, pelaksanaan keselamatan pasien, citra rumah sakit, tanggung jawab sosial rumah sakit, kepercayaan terhadap rumah sakit berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pasien. Variabel bebas yang dominan adalah citra rumah sakit.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)