Anda belum login :: 01 Jun 2025 21:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Implementation of School-Based Management (Case Study at SMP Negeri 3 Pule-Trenggalek)
Oleh:
Susanto, Edi
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 12 no. 4 (Dec. 2014)
,
page 631 - 638.
Topik:
manajemen berbasis sekolah
;
pendidikan
;
school-based management
;
education
Fulltext:
713-1881-1-PB.pdf
(63.29KB)
Isi artikel
Tujuan kajian ini adalah untuk: (1) Mengetahui konsep dasar manajemen berbasis sekolah dan segenap komponen di dalamnya. (2) Mengetahui sejauhmana Implikasi Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (3) Mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 3 Pule Trenggalek tahun ajaran 2014/2015. (4) Mengetahui strategi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 3 Pule Trenggalek tahun ajaran 2014/2015. (5) Mengetahui faktor pendukung keberhasilan manajemen berbasis sekolah. Hasil kajian manajemen berbasis sekolah ini menunjukkan: (1) Adanya kewenangan terhadap sekolah untuk melakukan pengelolaan dan perbaikan kualitas secara terus menerus dengan melibatkan semua kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah secara langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan mutu sekolah. (2) Implikasi adanya manajemen berbasis sekolah adalah memberi peluang dan kesempatan kepada kepala sekolah, guru dan siswa untuk melakukan inovasi pendidikan. (3) Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 3 Pule berjalan sesuai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan (4) Strategi yang dilaksanakan oleh sekolah antara lain meliputi (a) evaluasi diri untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan sekolah. (b) menetapkan indikator atau target mutu yang akan dicapai. (c) melakukan monitoring dan evaluasi program yang telah direncanakan sesuai dengan pendanaannya untuk melihat ketercapaian visi, misi dan tujuan. (5) Faktor pendukung keberhasilan manajemen berbasis sekolah antara lain; (a) Kepemimpinan dan manajemen sekolah yang baik. (b) Kondisi sosial, ekonomi dan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan. (c) Dukungan pemerintah. (d) Profesionalisme.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)