Anda belum login :: 16 Apr 2025 23:28 WIB
Detail
ArtikelStudi Komparasi Peran Manajerial Kepala Madrasah terhadap Kepuasan Kerja Guru dan Reputasi Madrasah di Kabupaten Sidoarjo  
Oleh: Soraya, Irma
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 12 no. 1 (Mar. 2014), page 78 - 89.
Topik: Kepala Madrasah sebagai peran manajerial; kepuasan kerja guru; reputasi Madrasah; Head of Madrasah’s managerial roles; Teachers job satisfaction; Madrasah’s reputation
Fulltext: 623-1664-1-PB_ros.pdf (105.58KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran manajerial yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam melakukan proses manajerial di madrasah di Kabupaten Sidoarjo. 2) Pengaruh antara perbedaan peran dan kepuasan kerja dari para guru di madrasah tersebut. 3) Pengaruh perbedaan peran terhadap reputasi madrasah di antara masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive random di mana 19 sampel kemudian dipilih di antara semua tingkat tersedia madrasah di Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa peran manajerial di madrasah adalah: 1) sebagai tokoh, 2) sebagai pemimpin, 3) sebagai pengalokasi sumber daya, 4) sebagai penyelesaian masalah, 5) sebagai pembicara, 6) sebagai pengusaha, 7) sebagai penyebar informasi, 8) sebagai negosiator, 9) sebagai komunikator, dan 10) sebagai pengawas. Dari pengujian didapatkan bahwa ada perbedaan dalam peran yang dimainkan oleh kepala sekolah namun tidak mempengaruhi kepuasan kerja guru dan bukan reputasi madrasah di antara masyarakat juga. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menunjukkan bahwa peran tersebut digambarkan dalam bentuk yang lebih praktis dan bisa dilakukan. Kedua, adalah penting untuk memajukan kompetensi kepala sekolah madrasah dalam keterampilan putusan dan informasi. Hal ini penting untuk membantu para pelaku berkembang dengan cepat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)