Anda belum login :: 06 Jun 2025 11:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Oleh:
Anugraheni, Indri
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Proceeding Seminar Nasional dan Temu Alumni Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 17-18 MEI 2014
,
page 186-196.
Topik:
Pendidikan Karakter
;
Pembelajaran Matematika
Fulltext:
Prosiding SEMNAS & Temu Alumni 2014 p186.pdf
(213.18KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Hal iniditunjukkan dengan peningkatan karakter siswa dalam pembelajaran matematika khususnya karakter (1) tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika, (2) menumbuhkan kerjasama siswa dalam kelompok, (3) kreativitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan gambaran pembelajaran matematika yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di Jakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDSN di Jakarta yang berjumlah 26 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat diterapkan nilai-nilai pendidikan karakter dengan mengintegrasikan materi matematika dalam pembelajaran. Hal ini tampak dari pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan media kertas berpetak dalam diskusi kelompok mampu menumbuhkan karakter siswa khususnya karakter tanggung jawab, kerjasama dalam kelompok, serta kreativitas siswa dalam pembelajaran. Siswa mampu bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok, siswa mampu menunjukkan kerjasama dalam kelompok serta menumbuhkan kreativitas siswa dalam menentukan luas trapesium dan layang-layang dengan menggunakan media kertas berpetak. Pembelajaran Matematika pada materi luas trapesium dan layang-layang dengan menggunakan media kertas berpetak melalui aktivitas-aktivitas pembelajaran di kelas khususnya sekolah dasar memiliki peranan penting tidak hanya membekali siswa secara kognitif saja tetapi juga nilai-nilai afektifnya yang mampu membantu membentuk karakter siswa dalam pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)