Anda belum login :: 16 Apr 2025 10:04 WIB
Detail
ArtikelReformasi Pengajaran Bahasa dan Budaya Jawa: Reformasi Pendekatan dan Metode Pengajaran  
Oleh: Astini, Edi
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Proseding pembinaan dan pengajaran: kongres bahasa Jawa ke-3 2001, page 151-159.
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 499.22022 TIM p
    • Non-tandon: 2 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelBanyak keluhan dilontarkan oleh orang tua siswa, guru, dan pakar bahasa Jawa tentang pengajaran bahasa Jawa di pendidikan dasar. Materi ajar dianggap tidak relevan dengan kebutuhan dan hasil belajar yang nyata, yaitu mampu berkomunikasi dengan bahasa Jawa yang baik dan benar, tidak tercapi. Menanggapi masalah tersebut, ditambah dengan maraknya soal pengajaran budi pekerti , penulis mencoba mengajukan alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat berdaya guna dalam mengubah perilaku bahasa dan perilaku sosial siswa. Pendekatan yang diusulkan adalah pendekatan afektif yang didasarkan atas pemahaman yang berbeda dari pandangan konvensional tentang tujuan pengajaran bahasa Jawa. Pendekatan ini dilandasi oleh konsep pengajaran bahasa ibu, konsep pengajaran sesuai dengan usia siswa, serta konsep pendedahan dan pembiasaan dalam berbahasa dan perperilaku. Hasil yang diharapkan adalah siswa akan menyukai pelajaran bahasa Jawa, mampu berkomunikasi untuk keperluan nyata sehari-hari dengan menggunakan bahasa Jawa yang benar, serta mengenal unsur-unsur budaya Jawa yang mengandung nilai luhur.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)