Produk merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yang memegang peranan yang cukup penting dalam pemasaran, setiap produk mempunyai daur hidup. Untuk mempertahankan atau meningkatkan daur hidupnya, perusahaan dapat melakukan pengembangan produk. Melalui pengembangan produk, perusahaan dapat menciptakan peluang pasar yang baru. Selain itu kebutuhan konsumen yang berubah-ubah hanya dapat diimbangi dengan menciptakan produk yang sesuai dengan selera konsumen tersebut. Dengan adanya pengembangan produk, perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produk sangat mempengaruhi usaha perusahaan terutama untuk meningkatkan penjualan. Sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produksi yang bersaing, promosi yang gencar dan sistem distribusi yang baik tanpa mengadakan pengembangan produk, maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maximal. Hal ini diakibatkan karena konsumen jenuh terhadap jenis atau bentuk jamu yang dihasilkan. Untuk itu perusahaan perlu memperbesar kegiatan pengembangan produk yang didukung oleh anggaran biaya pengembangan produk yang lebih besar pula, Disamping itu perusahaan perlu mengembangkan system informasi pemasaran yang terpadu agar dapat memantau jenis atau bentuk jamu yang menjadi trend dipasar serta strategi yang dilancarkan oleh pesaing. Dari hasil analisis, penulis menyimpulkan adanya hubungan yang sangat kuat dan positif antara biaya pengembangan produk dan hasil penjualan. Oleh karena itu penulis menyarankan agar perusahaan dapat meningkatkan anggaran biaya pengembangan produk dan memperbesar perhatiannya pada kegiatan pengembangan produk. |