Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi yang diilakukan PT HM Sampoerna dalam memposisikan rokok A-Mildnya di benak konsumen dan bagaimana penciptaan brand image ke konsumen dengan strategi yang dilakukan PT. H.M. Sampoema tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan studi pustaka dengan membaca dan mempelajari berbagai bacaan dan studi lapangan untuk memperoleh data primer. Studi lapangan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner, pengamatan langsung terhadap obyek yang diteliti dan mengadakan komunikasi langsung dengan PT. H.M. Sampoema yang melibatkan seluruh anggota perusahaan dari koordinator area hingga pelaksana lapangan. Penelitian yang dilakukan bersitat deskriptif dan untuk menganalisa pandangan konsumen terhadap positioning rokok A-Mild digunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang dan perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa target sasaran rokok A-Mild setelah dilakukan segmentasi berdasarkan umur yaitu 17-35 tahun, pendidikan yaitu mahasiswa / pelajar, eksekutif muda, daerah kota dan pinggir kota, pengeluaran rumah tangga, kelas A2, B, C1, pria dan wanrta dapat menggunakannya dan mereka yang memiliki gaya hidup trendy, gembira, modern, muda, dinamis, hidup sehat, sehat sesuai dengan keunikan yang ditampilkan A-Mild, rendah tar dan nikotin. Strategi yang dilakukan adalah melalui kegiatan branding dan event sponsorship. Sebagian besar reponden yang diteliti ternyata sangat mengenal A-Mild baik iklannya maupun A-Mild sebagai sponsor suatu acara musik dan olah raga, terutama musik kawula muda dan olah raga basket. Namun responden lebih banyak mengenali iklan A-Mild melalui media televisi, oleh karena itu media lainnya seperti spanduk, koran, poster, sticker, billboard dan lainnya, perlu ditingkatkan supaya pada akhirnya brand image yang tercipta makin meningkat. |