Saluran distribusi merupakan salah satu elemen penting dalam bauran pemasaran yang berperan dalam meningkatkan penjualan. Peranan distribusi pada suatu perusahaan adalah sebagai arus lalu lintas penyaluran barang dari produsen kepada konsumen agar barang yang dihasilkan produsen dapat digunakan oleh konsumen dimana konsumen tersebut berada dan barang tersebut dapat tersedia tepat waktu pada saat konsumen membutuhkannya. Demikian pula dengan PT Aqua Golden Mississippi sebagai salah satu produsen air minum dalam kemasan yang memandang penting saluran distribusi yang baik sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan serta dapat bersaing dengan perusahaan sejenis lairmya, disamping terus meningkatkan kualitas, inovasi, sensitifitas harga, promosi dan kreatifitas produk yang dipasarkan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh distribusi dalam meningkatkan penjualan produk pada PT Aqua Golden Mississippi penulis menggunakan dua perhitungan statistic yaitu "koeftsien korelasi" untuk mengetahui sebcrapa kuat hubungan yang ada antara biaya distribusi dan penjualan produk Aqua serta "uji hipotesis” untuk mengetahui pengaruh antara biaya distribusi dan peningkatan atau penurunan produk Aqua. Dalam analisis koefisien korelasi yang dilakukan didapat hasil sebesar 99,32 % ini membuktikan bahwa antara biaya distribusi dan penjualan produk Aqua terdapat hubungan positif sedangkan dalam uji hipotesis didapat hasil 19,08 yang berarti pengaruh biaya distribusi terhadap peningkatan atau penurunan penjualan amat berperan. Melalui pembuktian ini, diharapkan perusahaan dapat menyadari pentingnya peranan saluran distribusi dalam mencapai tujuan perusahaan dan dapat menetapkan kebijakan yang tepat dalam menentukan strategi distribusi yang akan dilakukan perusahaan dimasa mendatang dalam menghadapi persaingan pasar bebas, tanpa mengabaikan elemen bauran pemasaran yang lain yang turut berperan pula. |